Pages

Minggu, 19 Mei 2013

Pembaharu Mesir


a.      Kejayaan Islam  hanya mungkin  terwujud  kalau  umat  Islam  kembali  kepada  ajaran  Islam yang  masih  murni,  dan  meneladani  pola  hidup  para  sahabat  Nabi,  khususnya Al-Khulafa al-Rasyidin.
b.      perlawanan  terhadap  kolonialisme  dan  dominasi  Barat,  baik politik, ekonomi maupun kebudayaan.  
c.       pengakuan  terhadap  keunggulan  barat  dalam  bidang  ilmu  dan teknologi, dan  karenanya  umat Islam  harus  belajar  dari barat dalam dua  bidang  tersebut,  yang  pada  hakikatnya  hanya  mengambil  kembali  apa  yang  dahulu  disumbangkan  oleh  dunia  Islam  kepada  Barat,  dan  kemudian  secara  selektif  dan  kritis  memanfaatkan  ilmu  dan teknologi Barat itu untuk kejayaan kembali dunia Islam.
1)      Abduh berusaha untuk menggabungkan pemikiran sekuler yang murni sciences dengan pemikiran salafiah yang murni agama.
2)      Abduh menolak anggapan bahwa agama bertentangan dengan science modern, atau agama sebagai penghambat kemajuan. Menurutnya agama dan science modern merupakan suatu kesatuan, yang samasama bertujuan untuk kesejahteraan manusia.
1)          Sikap aktif dan dinamis di kalangan umat.
2)          Umat Islam harus meninggalkan sikap fatalisme (jabariyyah).
3)          Akal dapat dipergunakan untuk menafsirkan ayat-ayat al-Qur’an ataupun hadis tanpa meninggalkan prinsip umum.
4)          Jika ingin maju, umat Islam harus menguasai sains dan teknologi.
5)          Kemunduran umat Islam disebabkan oleh banyaknya unsur bid’ah dan khurafat yang masuk ke dalam ajaran Islam.
6)          Kebahagiaan di dunia dan di akhirat diperoleh melalui hukum alam yang diciptakan Allah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar